10 Cara Membangun Toko Online Di Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang penggunaannya sudah populer di Indonesia. Berbeda dengan Facebook dan Twitter, penggunaan Instagram lebih digunakan untuk “photo sharing” / membagikan foto dan merupakan media sosial yang tepat untuk membangun toko online. Baca: Strategi Pemasaran Media Sosial Untuk Bisnis

Seperti yang telah diketahui bersama, orang lebih menyukai bentuk pesan visual dibandingkan hanya tulisan semata, oleh karena itu feed Instagram yang simple dan hanya berisi kumpulan foto saja sangat digemari oleh orang Indonesia sebagai tempat berbelanja dan merupakan kelebihan membangun toko online di Instagram.

10 Cara Membangun Toko Online Di InstagramBanyaknya kisah sukses membangun toko online di Instagram seringkali membuat orang lain tergiur atau mungkin termasuk Anda. Salah satu faktor yang sangat penting dalam membangun toko online / bisnis adalah kepuasan pelanggan. Agar Anda meraih kesuksesan juga, berikut ini adalah 10 cara sukses membangun toko online di Instagram untuk mendapatkan kepuasan pelanggan.

Berikan Informasi Toko Online Anda

Anda dapat memberikan informasi singkat mengenai toko online Anda di bagian Bio Instagram seperti jenis produk yang ditawarkan, data kontak, cara berbelanja, metode pembayaran, dll. Pemberian informasi yang jelas merupakan cara sukses membangun toko online di Instagram. Semakin jelas informasi yang Anda berikan, semakin percaya konsumen Anda.

Jadwalkan Update Produk Terbaru

Rutin memberikan update produk terbaru merupakan cara sukses membangun toko online di Instagram. Penting sekali untuk memberikan jarak waktu sekurangnya 5-10 menit agar postingan update produk tsb tidak memenuhi timeline follower Anda.

Selalu Cantumkan Harga Pada Setiap Produk

Cara sukses membangun toko online di Instagram ini akan memudahkan Anda agar tidak direpotkan oleh pertanyaan harga yang berulang dan juga akan mempermudah follower Anda memperoleh informasi yang mereka perlukan.

Hapus Foto Produk Yang Sudah “Sold-out”

Konsumen biasanya akan segera beralih ke toko sebelah bila melihat produk yang mereka perlukan tidak ready stock. Anda dapat mencantukan keterangan bahwa semua foto produk yang ada di Bio Instagram Anda adalah ready stock. Bila Anda menggunakan sistem pre-order, pastikan juga terdapat pilihan barang yang ready stock.

Sukses Membangun Toko Online di Instagram Dengan Respon Yang Cepat

Lamanya respon Anda terhadap segala pertanyaan yang dilontarkan oleh konsumen dapat menghilangkan potensi transaksi penjualan. Untuk mempercepat menjawab pertanyaan konsumen, siapkan format jawaban untuk pertanyaan yang sering ditanyakan seperti cara order, dll.

Baca: 3 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Live Chat

Jangan Kunci Akun Instagram Toko Online Anda

Membuat calon follower penasaran dengan trik mengunci akun Instagram Anda pada kenyataannya malah mengganggu calon pembeli.

Gunakan Pengaruh Para Instaceleb

Salah satu cara sukses membangun toko online di Instagram adalah dengan cara promosi toko online menggunakan pengaruh para Instaceleb. Carilah Instaceleb yang pengikutnya sesuai dengan target toko online Anda. Biasanya para Instaceleb akan menerima endorse produk atau menawarkan imbalan biaya untuk setiap postingan di akun Instagram mereka.

Cantumkan Testimoni

Testimoni positif akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan merupakan cara sukses membangun toko online di Instagram. Bukalah halaman “photos of you” di akun Instagram Anda agar calon pembeli dapat melihat “tagging” foto pelanggan dengan produk Anda. Namun jangan lupa untuk meminta ijin pembeli terlebih dahulu bila Anda ingin memposting foto mereka.

Selesaikan Komplain Secara Personal

Selesaikan komplain dalam komentar Instagram Anda melalui chatting / email lalu hapus komentar komplain tsb.

Berikan Bonus untuk Pelanggan Setia

Bonus akan meningkatkan kesetiaan pelanggan dan merupakan cara sukses membangun toko online di Instagram. Bonus yang diberikan tak harus mahal, dapat berupa sampe produk, gratis ongkos kirim, atau potongan harga.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *