Cara Agar Email Tidak Masuk Spam

Jika Anda sedang menjalankan bisnis online dengan email marketing tentu mengharapkan kalau email Anda tidak masuk spam. Dalam hal ini Anda harus berhati-hati sebab jika tidak email yang Anda kirim pada pelanggan akan tidak pernah mereka lihat dan bahkan kemungkinan besar mereka tidak akan pernah membuka email yang Anda kirim. Ada beberapa trik agar email tidak masuk spam, Panduan ini ditujukan pada Anda yang sedang mengelola email marketing untuk bisnis. Sebelum kita mengetahui tentang bagaimana email bisa masuk spam, Ada beberapa penjelasan yang harus Anda pahami untuk menjalankan email promosi yaitu:

Cara Agar Email Tidak Masuk Spam

Bagaimana Mungkin Email Masuk Spam?

Ada dua faktor yang menyebabkan email bisa masuk spam. Hal yang pertama adalah kontrol dari ISP (Internet Service Provider) seperti Email Yahoo dan Email Google. Biasanya para ISP ini akan membaca domain dan juga IP dari si pengirim email dan Ketika domain serta IP tersebut dibaca oleh ISP sebagai hal yang mencurigakan atau aneh. Beberapa ISP memiliki daftar tersendiri atas hal ini, dan selalu berubah setiap waktu.

Yang kedua adalah Hanya pada Anda sendiri yang bisa menentukan apakah email tersebut spam atau tidak. ISP tentu tidak mungkin bisa mengontrol semua email yang masuk  ke folder inbox, ketika Anda menekan tombol mark as spam tentu ISP akan memperhitungkan bahwa alamat email tersebut adalah spam. Beberapa email subscription pun bisa saja dianggap spam.

Apa yang terjadi jika email promosi Anda selalu masuk spam? Situasi yang buruk adalah domain akan diblok selamanya oleh email provider. Tentu Anda tidak mau email marketing Anda tidak dibaca oleh pelanggan Anda.

Ada beberapa kriteria email Anda disebut email spam. Yang diantaranya adalah:

  • Anda menggunakan kata yang mencurigakan seperti “3m4il Pen@war4n”
  • Jangan pernah untuk menggunakan link yang tidak valid atau mati. Selalu cek email marketing Anda dari link yang sudah rusak dan yang harus Anda perhatikan lagi adalah jangan menggunakan link shorteners
  • Jangan pernah menggunakan subject dengan kalimat yang mengandung “Re:” atau “Fwd
  • Ada kesalahan dalam menggunakan kode HTML.
  • Terlalu banyak menggunakan gambar dan bahkan tidak ada kata-kata di dalamnya
  • Judul/Subject email semuanya menggunakan huruf besar.

Jadi apa yang kita harus lakukan supaya email tidak masuk spam? hindari beberapa hal diatas yang sudah kami sebutkan. Dengan menghindari hal-hal yang mencurigakan maka email marketing yang Anda kirim tidak akan masuk spam. Maka dari itu berhati-hatilah ketika menggunakan email marketing, jangan sampai ada kesalahan yang mengakibatkan email masuk spam ISP yang akibatnya akan si penerima akan tidak pernah mengetahui email yang sedang Anda kirim. Baca cara membuat email promosi.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *