Optimasi CheckOut Untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online

Meningkatkan penjualan toko online merupakan impian semua pemilik toko online. Para pemilik website dituntut untuk memikirkan strategi jitu agar toko onlinenya dapat sukses. Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan toko online, salah satunya adalah dengan optimasi proses “checkout”. Proses checkout yang sederhana dan mudah seringkali menjadi penentu tingkat konversi dan meningkatkan penjualan toko online secara keseluruhan.

Berikut ini adalah tips yang dapat dilakukan dalam optimasi proses checkout sehingga dapat meningkatkan penjualan toko online.

1. Form yang jelas dan sederhana

Form checkout yang jelas, mudah, tidak rumit akan memberikan kesan pertama yang menyenangkan pada para pelanggan sehingga para pengunjung menyukai pelayanan toko dan akhirnya meningkatkan penjualan toko online Anda.

Lakukan pengetesan pada form tsb agar berjalan sesuai harapan, Anda juga dapat menghilangkan menu navigasi atau elemen yang tidak penting agar pembeli tetap fokus dalam pembelian produk sehingga dapat meningkatkan penjualan toko online. Contoh bila Anda menjual produk digital janganlah meminta pembeli untuk mengisi alamat pengiriman.

2. Tidak mewajibkan registrasi

Banyak toko online memaksa para pengunjung untuk melakukan registrasi. Registrasi memang penting untuk mendapatkan data kontak pengunjung sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan email marketing. Namun pemaksaan registrasi hanya akan membuat para pembeli kabur. Untuk mengakalinya maka Anda dapat memberikan pilihan pembelian apakah sebagai member (menggunakan registrasi) atau hanya sebagai tamu saja. Cara ini cukup ampuh untuk menjaga para pembeli tetap setia dan meningkatkan penjualan toko online Anda. Jangan lupa juga menyediakan tombol login untuk memudahkan para member yang ingin melakukan pembelian.

3. Lakukan follow up email bila terjadi pembatalan

Setiap pembeli yang telah menyelesaikan proses pemesanan memang seringkali berakhir pada pembatalan order. Anda dapat melakukan follow up menggunakan email untuk mengurangi pembatalan transaksi dan meningkatkan penjualan toko online.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk membuat calon pembeli kembali seperti menawarkan pengiriman gratis dan menawarkan diskon. Follow up email yang baik adalah follow up yang dilakukan secepatnya setelah calon pembeli membatalkan transaksi dan bila email pertama tidak berhasil, lakukan pengiriman email kedua 24 jam setelah pengiriman email pertama.

Baca juga: Langkah Efektif Menggunakan Email Marketing

Bila registrasi pembeli tidak diwajibkan di toko online Anda seperti yang dijelaskan pada tips no.2 maka untuk mendapatkan alamat email calon pembeli, Anda dapat memberikan tawaran diskon bagi para pengunjung yang mau mendapatkan “email newsletter”. Dengan demikian alamat email mereka dapat Anda ketahui dengan adanya cookie walaupun mereka tidak menyelesaikan proses pembelian.

4. Masukkan indikator visual untuk proses pembelian

Setiap orang ingin cepat-cepat menyelesaikan transaksinya padahal normalnya diperlukan beberapa langkah untuk menyelesaikan transaksi tsb. Untuk itulah Anda dapat memasukkan indikator visual berikut penjelasan singkat dari setiap langkah tsb. Dengan demikian pembeli dapat mengetahui apa tahap transaksi selanjutnya dan bagaimana cara menyelesaikan transaksinya tanpa harus kebingungan sehingga pada akhirnya akan meningkatkan penjualan toko online Anda.

Tahapan transaksi yang ideal terdiri dari 3 langkah saja yaitu pemesanan, pembayaran dan peninjauan kembali order mereka.

Itulah 4 cara optimasi proses checkout yang dapat Anda coba terapkan untuk meningkatkan penjualan toko online Anda.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *