Peralatan Keamanan Cyber Untuk Bisnis Kecil

Mungkin Anda pernah mendengar beberapa kasus pencurian data di internet. Bila data Anda yang dicuri maka akan berdampak buruk pada kelangsungan bisnis Anda. Untuk itulah Anda perlu mengetahui dan menggunakan peralatan keamanan cyber untuk bisnis kecil Anda. Untuk memastikan data perusahaan Anda tetap aman, 4 tingkat perlindungan keamanan cyber berikut ini dapat Anda gunakan.

Peralatan Keamanan Cyber Untuk Bisnis Kecil

Fondasi Keamanan Cyber Bisnis Anda

Terlepas dari seberapa besar bisnis Anda, ada langkah-langkah wajib untuk memastikan fondasi keamanan cyber Anda tetap solid. Sama halnya saat Anda mengamankan harta berharga Anda, Anda perlu mengkategorikan dan mendokumentasikan file digital Anda untuk mencegah pencurian data.

  • Sangat Rahasia adalah semua data yang paling sensitif, mencakup apa pun yang bila data tsb dicuri dapat mempengaruhi pelanggan, karyawan, atau bisnis Anda secara keseluruhan. Contohnya adalah password, nomor jaminan sosial, informasi kartu kredit, atau nama dan alamat.
  • Sensitif, sangat mirip dengan kategori sangat rahasia namun bila data ini dicuri tidak akan menghancurkan aspek keuangan bisnis Anda. Contohnya: laporan karyawan Anda, rencana pemasaran, info kontak, atau data kinerja bisnis Anda.
  • Hanya Untuk Penggunaan Internal yaitu informasi yang hanya digunakan untuk semua karyawan Anda, tetapi bukan untuk konsumsi publik. Contoh instruksi kerja, dsb.

Fondasi keamanan ini tak hanya berlaku untuk perangkat lunak namun termasuk perangkat keras juga.

Baca juga: SSL Sertifikat Website Murah

Perlindungan Keamanan Cyber Tingkat 1

  • Pembatasan Akses – Anda dapat memberikan akses yang berbeda kepada para pengguna data tergantung dari kategori data dan fungsi dari pengguna tsb. Hal ini penting untuk menjaga keamanan cyber dan meminimalkan serangan hacker ke website Anda.
  • Pelatihan Dasar Keamanan Cyber Untuk Karyawan Anda – Pelatihan dapat meliputi tata cara penggunaa email, download software / dokumen, dll sehingga mereka dapat mengenali ancaman keamanan cyber yang dapat terjadi.
  • Pertimbangkan Menyimpan Data Pada Perangkat Yang Tidak Terhubung Jaringan Internet – Misalnya Anda dapat menyimpan data tersebut di komputer local atau di lemari terkunci di perusahaan Anda.
  • Gunakan Software Gratis Yang Memiliki Reputasi Tinggi – Tidak semua perlindungan keamanan cyber diberikan oleh software dengan biaya langganan yang besar. Anda masih dapat menggunakan software gratis asalkan dari pembuat yang terpercaya.

Baca juga: 5 Plugin WordPress Terbaik Harus Diinstall

Perlindungan Keamanan Cyber Tingkat 2

  • Proses Otentikasi 2 Kali – Misalnya dengan menggunakan nomor PIN atau kartu ID setelah berhasil memasukkan password pada data yang sangat sensitif.
  • Enkripsi – Enkripsi sangat baik untuk mencegah orang yang tidak berwenang dapat mengakses data Anda, namun enkripsi yang dilakukan harus memenuhi standar “Federal Information Processing”.
  • Gunakan Ahli Keamanan Cyber – Anda dapat merekrut orang yang ahli atau mengirimkan seorang karyawan Anda untuk mendapatkan pelatihan khusus keamanan cyber yang nantinya dapat bertugas sebagai petugas kepatuhan keamanan di perusahaan Anda.

Perlindungan Keamanan Cyber Tingkat 3

  • Penguncian Fasilitas – Pencurian data dapat dilakukan pada fasilitas fisik, jadi pastikan semua data Anda tersimpan di dalam lemari dan ruangan terkunci dengan akses tertentu.
  • Pengujian Keamanan Cyber – Penting sekali memeriksa apakah peralatan keamanan cyber yang Anda terapkan sekarang ini sudah mumpuni, bila belum Anda pun dapat mendapatkan saran-saran perbaikan dari konsultan tsb untuk memberikan keamanan cyber pada bisnis Anda.
  • Protokol Perangkat Pribadi – Penggunaan ponsel pintar yang terhubung ke wifi perusahaan dapat menjadi celah buat para hacker mencuri data. Namun dengan protokol tertentu, ponsel pribadi dapat diatur agar tidak dapat mengakses data perusahaan.
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *