5 Kesalahan Dalam Pembuatan Website

Sebagai pemilik website tentunya Anda akan melakukan segala cara untuk memastikan website Anda dapat mengkonversi pengunjung baru menjadi pelanggan. Banyak keinginan dari pemilik situs malah membuat banyak kesalahan dalam pembuatan websitenya yang akhirnya malah memperburuk keadaan. Untuk itu penting sekali mengetahui kesalahan dalam pembuatan website yang paling banyak dilakukan oleh pemilik website sehingga Anda dapat menghindarinya atau bila sudah terjadi dapat segera memperbaikinya. Berikut ini adalah kesalahan dalam pembuatan website yang harus Anda hindari untuk dapat menarik pengunjung sebanyak-banyaknya:

1. Tampilan Website Hanya Baik Pada Satu Perangkat

Seperti yang Anda ketahui, penggunaan ponsel semakin banyak saja digunakan. Bahkan Google baru saja meng-update sistem algoritma dalam mesin pencarian di mana situs yang “mobile friendly” (dapat dibuka dan diakses dengan nyaman di ponsel) akan memiliki kesempatan lebih besar untuk masuk halaman pencarian Google. Oleh karena itu untuk menghindari kesalahan dalam pembuatan website ini maka Anda harus mengganti desain web Anda menjadi website responsive sehingga dapat diakses dan dilihat dengan nyaman pada berbagai perangkat seperti laptop, tablet maupun ponsel.

2. Navigasi Yang Membingungkan

Kesalahan dalam pembuatan website yang paling umum terjadi adalah navigasi yang tidak jelas, tata letak bagian web yang berantakan, pengaturan warna yang aneh, dan desain yang tidak selaras dengan tujuan perusahaan. Padalah navigasi yang sederhana dan jelas dapat membantu para pengunjung website mencari apa yang mereka perlukan di website Anda tsb.

3. Tidak Adanya Relevansi

Relevansi berkaitan dengan betapa berharganya situs Anda untuk pengunjung Anda. Jika ada bagian yang tidak memberikan manfaat untuk pengunjung sebaiknya dibuang saja. Hal ini penting untuk memperbaiki kesalahan dalam pembuatan website sehingga Anda akan memiliki website yang efisien untuk melayani pelanggan Anda.

4. Terlalu Fokus Pada Perusahaan, Bukan Pengguna

Terlalu banyak menampilkan informasi perusahaan di homepage merupakan kesalahan dalam pembuatan website yang harus dihindari. Perlu diketahui, pada awal kedatangannya, seorang pengunjung lebih tertarik pada solusi masalah yang Anda berikan. Setelah mereka menemukan jawabannya, barulah mereka akan mencari tahu tentang website / perusahan bisnis Anda memastikan bahwa informasi solusi tsb dapat dipercaya. Untuk mengatasi kesalahan dalam pembuatan website dan tetap dapat meyakinkan pengunjung maka Anda dapat memberikan informasi bisnis / perusahaan di halaman “about” atau “tentang”. Dan bila diperlukan Anda dapat menambahkan testimoni atau bukti lainnya sehingga pengunjung merasa yakin.

5. Tidak ada Insentif Untuk Menarik Pelanggan

Kesalahan dalam pembuatan website yang sering dilakukan oleh banyak pemilik situs adalah mencoba mendapatkan pelanggan atau mendapatkan informasi kontak mereka tanpa memberikan insentif untuk melakukannya. Kesalahan dalam pembuatan website ini tentunya harus dihindari yaitu dengan memberikan insentif seperti download gratis theme magazine, ebook atau informasi yang dapat memecahkan sebagian dari masalah mereka. Dengan demikian akan terbangun hubungan antara Anda (perusahaan) dengan pengunjung dan berkesempatan untuk mengubahnya menjadi pelanggan jangka panjang.

Itulah 5 kesalahan dalam pembuatan website yang umum terjadi. Dengan menghindari kesalahan di atas maka Anda akan memiliki website efisien untuk kepuasan para pengunjung dan pelanggan Anda.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *